Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya
asset sekunder download
4. Dasar Teori
Secondary menambah object baru yaitu object kedua disamping object utama yang telah kita animasikan sebelumnya. Sebagai penghias dan juga peramai object kita. Kita bisa membuat animasi secondary Assets dengan cara menambakan helix path dan juga cloner. Helix path berrfungsi untuk membuat object kedua kita mengikuti putaran sesuai dengan arah helix tersebut. dan pada cloner kita dapat mengkontrol object kedua kita ingin berapa banyak dan bagaimana bentuknya
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
Tambahkan secondary Assets
Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Terdapat kesulitan ketika akan melihat video tutorial, karena memang koneksi internet pada saat itu sedang down. jadi saya harus tanya ke teman-teman mengenai tahap praktikumnya. kemudian, proses upload video ke laporan pun juga ada sedikit masalah, dan baru bisa seminggu kemudian. Mengenai praktikumnya, karena tidak melihat video tutorial, jadi saya tidak mengerjakan bagian F-Curves
9. Referensi
No comments:
Post a Comment