Sunday, May 15, 2016

Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule)

1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.

2. Alat
Cinema 4D R16

3. Bahan
tanpa bahan

4. Dasar Teori
Polygonal modeling disebut juga dengan sculpting (memahat) karena proses/hasil dari teknik ini menyerupai memahat atau pahatan. Teknik polygonal modeling ini umumnya menggunakan obyek dasar pada standar primitives geometry dan kemudian dimodifikasi menjadi obyek yang diinginkan. Untuk memulai teknik ini obyek standar pada primitive geometry terlebih dahulu dikonversi menjadi editable mesh atau editable poly dan kemudian dengan memanipulasi atau editing pada vertex, edge, face, poly, border, atau element dapat digunakan untuk membuat model yang sangat kompleks sesuai kebutuhan dengan relatif cepat.
Polygonal Modeling, merupakan modeling yang terdiri dari vertices(vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge(garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang).


Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.


Smooth Shift adalah tool yang ada pada Cinema 4D yang digunakan untuk menghaluskan sebuah path

5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum
http://www.mohhasbias.com/prak-09-membuat-aset-sekunder-capsule/

7. Hasil Praktikum
1. Membuat bentuk polygon dasar





2. Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface



8. Kesimpulan
Pada praktikum 9 ini kesulitan hanya terjadi pada saat membuat polygon dasar, karena pada video tutorial tidak terdapat audio. selebihnya tidak ada kesulitan yang berarti

9. Referensi
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper

No comments:

Post a Comment